News
2015-09-28 | KMI Information
City touring Kawasaki Makasar bersama komunitas Ninja RR Mono & pembalap Kawasaki

Kawasaki Motor Indonesia menghelat acara paket turing Makassar, Maros, Pangkep dan Sidrap di propinsi Sulawesi Selatan bertajuk “Smart and Safety Riding” yang dihelat selama tiga hari, 18-19 September 2015. Acara yang diprakarsai oleh main dealer Graha Diana Kawasaki Makassar bersama Kawasaki Dealers Community (KDC) ini juga menghadirkan Duta Kawasaki pasangan pembalap nasional Asia Road Racing Championship (ARRC); kelas Supersports 600  H. A Yudhistira dan kelas 250 A. M Fadli.  

Diawali hari pertama. Kehadiran tim KDC tiba di Makassar siang hari (18/9), usai makan siang di restoran seafood Paotere di jl. Sabutung, acara dilanjutkan check ini di hotel Grand Clarion dan langsung menyiapkan motor. Tercatat 15 moge line-up jenis ER-6n, Ninja 650, Versys 650, Ninja 1000, Z1000 hingga ZX-14R. Agendanya, City Riding menuju Trans Studio Mall (TSM) di jl. Daeng Patompo untuk bergabung bersama komunitas Ninja RR Mono Makassar.    

Coffee Break di Starbuck Cafe TSM bersama puluhan anggota Ninja RR Mono Community, acara kopdar berlangsung akrab dan hangat dalam suasana saling berkenalan sesama pengguna Kawasaki. Apalagi hajatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan Ninja RR Mono yang semakin digemari di Sulawesi Selatan.

Jumlah anggotanya kian bertambah dalam kesatuan komunitas yang dinamakan “Ninja RR Mono ++” yang menandai pesertanya bukan hanya pemilik Ninja RR Mono, tapi juga Ninja 250 hingga ber-cc besar seperti Ninja 650 dan ER-6n. Hingga sore hari, acara silaturahmi KDC dan Ninja RR Mono Community berakhir di pantai Losari dan dilanjutkan olahraga Basket di GOR Batua.    

mono1

Hari kedua, panitia dan peserta turing berkumpul pukul 07:00 pagi di lobi hotel untuk melakukan briefing dan doa bersama. Agenda hari ini (19/9) para peserta melakukan turing ke kawasan wisata Taman Nasional Bantimurung, berlokasi di kabupaten Maros berjarak 40 km atau satu jam dari Makassar. Acara turing bersama ini disaksikan langsung oleh Bapak Hendryk Karlam, selaku owner Main Dealer Kawasaki, PT Diana Indonesia. 

Usai singgah sejenak di dealer Kawasaki, Diana Indonesia, Jl. Pettarani Raya, rombongan konvoi yang dikawal mobil dan motor patroli dari Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan ini melanjutkan perjalanan ke luar kota menuju Maros. Tampak di barisan terdepan pasangan pembalap Yudhistira dan A. M Fadli dengan Ninja RR Mono warna hijau dan kuning, memimpin ratusan peserta komunitas Ninja RR Mono Community membentuk formasi dua baris memanjang berikut rombongan moge tim KDC di belakangnya.

Cuaca panas terik dan melewati beberapa titik kemacetan lalu lintas menghiasi perjalanan turing. Namun mulusnya aspal hotmix menjadi penyemangat peserta turing menikmati perjalanan yang ditempuh dengan kecepatan rata-rata  100 km/jam itu. Dan sesuai estimasi rundown acara pukul 10:30 rombongan pun tiba di Bantimurung disambut patung raksasa kupu-kupu. Rehat sejenak dan menikmati wisata alam yang dikenal sebagai habitat keanekaragaman kupu-kupu (the kingdom of butterfly) dan air terjunnya ini, acara pun berakhir dengan photo session berlatar belakang air terjun yang mengalir deras.

Kunjungan dan makan siang di dealer cabang Kawasaki Era Otomotif di Pangkep adalah bagian dari perjalanan turing selanjutnya. Sajian ikan bakar dan makanan seafood lainnya kembali menjadi menu makan siang rombongan. Bahkan camilan kue tradisional ketan gula merah khas Sulawesi Selatan serta es buah rumput laut melengkapi santapan hidangan siang. Menurut Hendryk Karlam, penjualan Kawasaki di sini cukup signifikan, rata-rata 40-50 unit setiap bulannya dengan jenis penjualan variatif terbanyak  KLX 150 dan Ninja RR Mono. Menjelang petang rombongan pun kembali ke Makassar dan berlanjut makan malam di Cafe The Level di kawasan pantai Losari.

JAJAL SIRKUIT SIDRAP BARENG YUDHISTIRA DAN FADLI

Sirkuit permanen terbesar di kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan menjadi  destinasi hari terakhir yang ditempuh selama 3-4 jam. Sidrap yang berjarak sekitar 174 km memang membutuhkan stamina yang prima. Dan pastinya berangkat harus lebih pagi untuk menghindari lalu-lintas ramai di kota-kota seperti Maros dan Pagkajene.

Jarak antarkota selanjutnya setelah Pangkajene relatif jauh dan hanya ditemani pemandangan gunung dan sawah. Yudhis dan Fadli masih memimpin perjalanan di depan dengan Ninja RR Mono Kuning dan Hijau. Diikuti di belakangnya ratusan peserta dari komunitas lokal Ninja RR Mono ditambah tim KDC. Selain dikawal mobil polisi, rombongan juga lengkapi didukung mobil ambulans dan dua mobil pikap yang mendukung keperluan teknis dan kondisi darurat di jalan.

Dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam, rasa kantuk peserta turing tak bisa dihindari dan singgah sejenak di salah satu restoran pinggir pantai di kota Barru. Perjalanan dilanjutkan dengan pemandangan pantai dan kembali berubah gunung dan sawah, menandakan tak lama lagi memasuki kota Pare-pare. Kota kelahiran mantan Presiden B.J Habibie.

mono2

Menjelang jam 12 siang rombongan akhirnya tiba di sirkuit Sidrap. Lokasinya  berada di daerah Mario terbentang di atas tanah seluas 8 hektar. Hanya saja kondisinya masih dalam persiapan. Belum ada paddock, apalagi tribun penonton. Namun tak menyurutkan peserta turing tak sabar menjajal trek sepanjang 1.400 meter ini.

Konturnya menantang, berbukit-bukit  memiliki karakter rolling speed dengan variasi tanjakan dan turunan. Adrenalin dan skill pembalap diuji di trek permanen yang dikenal Puncak Mario ini. Menurut info, peruntukkan sirkuit Sidrap sanggup digunakan untuk kompetisi motor 250cc. Bahkan persiapannya dikebut untuk dipakai final night race Motoprix Oktober mendatang dengan pencahayaan 700 lampu.

Tentunya membuat peserta turing nggak sabar mencoba. Tobun yang pertama kali mencoba Ninja RR Mono merasa puas, “Cuma sayang masih licin pasir di beberapa tikungan,” katanya. Giliran berikutnya Yudhis dan Fadli berpasangan meggeber Ninja RR Mono dan mengakui treknya oke. Bahkan mereka tak mau puas dan menjajal moge Z1000 dan melakukan atraksi wheelie beberapa kali.

Hingga sore hari Sidrap tak pernah sepi dijajal peserta turing dari KDC dan Komunitas lokal Ninja RR Mono, ER-6n dan ZX-6R. Dan di saat penutupan acara, Yudhis dan Fadli kembali beraksi menggeber ZX-6R milik peserta komunitas lokal layaknya pembalap ARRC yang menghibur di akhir acara. 

shared to:
Kawasaki Fest Day di Kota Makassar
Setelah sukses menyemarakkan kota Semarang dan Medan, kini PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan memeriahkan kota Makassar dengan keseruan acara Kawasaki Fest Day (KFD). KFD akan digelar pada hari Sabtu, 1 September 2018, ...

more »
Meriahnya Kawasaki Fest Day Makassar
PT. Kawasaki Motor Indonesia atau KMI berhasil mengumpulkan 500 orang dari 39 komunitas Kawasaki dalam acara Kawasaki Fest Day, yang berlokasi  di Lapangan parkir Mall Phinisi Point, pada tanggal 1 September 2018. Dalam ...

more »
Showroom Kawasaki Abdul Muis, Jakpus, Resmi Beroperasi
PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara resmi membuka showroom Abdul Muis untuk konsumen Kawasaki. Artinya, showroom yang bertempat di Jl. Abdul Muis no. 22 – 24, Gambir, Jakpus, tersebut telah bisa didatangi ...

more »
Kawasaki BikeWeek bandung
Kawasaki Bike Week merupakan event akbar tahunan untuk para pemakai motor Kawasaki dan juga sebagai ajang berkumpulnya para komunitas Kawasaki di seluruh Indonesia. Acara Kawasaki Bike Week 2018 kali ini akan digelar di ...

more »